Rabu, 22 Februari 2012

Teknologi Informasi di Masa yang Akan Datang

Saat ini tidak ada lagi orang yang berlari 42 km untuk menyampaikan informasi. Orang akan menggunakan Teknolog Informasi dan Komunikasi yang sudah ada, Informasi dapat dikirim dengan cepat melalui SMS atau telepon. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terus berkembang telah membuat cara kita berkomunikasi berubah, 18 tahun lalu kita hanya bisa menelepon dan menerima telepon di rumah atau di kantor-kantor, saat ini teknologi selular telah memungkinkan kita untuk menelpon dan menerima telepon dari mana dan di mana saja .

contoh lain bagaimana
Teknologi Informasi telah mempengaruhi cara hidup kita adalah internet. Sebelum ada internet, kita harus pergi ke toko besar untuk membeli barang elektronika untuk berbelanja, dan hanya sebatas pada toko-toko di kota kita tinggal. Saat ini internet memungkinkan kita untuk berbelanja dari rumah, kita dapat membeli barang-barang yang dijual di belahan dunia lain, cukup dengan memasukkan nama, alamat, dan nomor kartu keridit kita, tunggu beberapa hari, barang yang kita pesan akan datang. Hal ini tentu memudahkan kita karena kita tidak perlu buang waktu untuk ke toko, dan kita juga dapat membeli barang-barang dari tempat lain yang belum tentu ada kalau kita cari di tempat kita tinggal.

Informasi merupakan hal yang sangat penting, lebih-lebih pada era Informasi saat ini, Informasi kita gunakan untuk mengambil keputusan. Pemerintah membutuhkan informasi tentang bencana Tsunami di aceh, bagaimana kondisi penduduk yang selamat, bagaimana kondisi prasarana jalan, air minum, dan sebagainya, Informasi ini digunakan untuk memutuskan bantuan bantuan apa yang tepat, dan memutuskan bagaimana pengiriman bantuan: menggunakan sarana darat, laut, atau udara. Keputusan yang tepat dapat kita ambil jika kita mempunyai informasi yang cukup dan benar .

Semakin berkembangnya teknologi di masa mendatang, Orang-orang, lebih membutuhkan alat yang praktis, yang mudah digunakan atau dibawa kemana-mana. Misalnya :
Komputer seukuran jam tangan atau bisa juga Sepatu roda berteknologi roket yang dapat dikendalikan lewak pikiran , ataupun bisa juga seperti Sepasang sayap agar manusia bisa terbang seperti impian manusia dari dulu .


Namun, kita tidak boleh bersenang hati dulu dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini. Seperti yang kita ketahui, setiap hal di dunia pasti ada keuntungan dan kerugiannya, begitu juga Teknologi Informatika. Sebagaimana yang difirmankan Allah SWT :

"Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan. Dan bertakwalah kepada Allah yang telah menciptakan kamu dan umat-umat yang dahulu"(. الشعارأ/26: 183-184)

Diantara kerugiannya, antara lain:
  1. Semakin merajalela pornografi, karena kemudahan dalam mencari informasi.
  2. Garis perbedaan status sosial akan lebih jelas, karena perkembangan teknologi memaksa orang untuk bersikap cerdas. Yang tidak dapat memahami teknologi, maka akan mudah tersingkir.contohnya: di perusahaan, semakin banyak mesin-mesin yang digunakan, sehingga dapat mengurangi jumlah tenaga kerja.
  3. Banyak terjadi kejahatan-kejahatan, karena semakin canggihnya alat teknologi.

Kita tidak dapat menghindar dari perkembangan teknologi, namun dengan melihat banyaknya kerugian tersebut, kita harus mengimbangi perkembangan teknologi dengan pemikiran cerdas kita, dan selalu berpegang teguh dengan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar